Cari Artikel lain disini

www.opulsa.com

Senin, 04 April 2011

Cara Membuat Antena Penguat Signal (WIFI,3G GSM/CDMA)

 Antena Peguat Signal wifi,3G GSM/CDMA



















Peralatan & Cara pembelian :

  1.  Pipa PVC 3"(9 cm) Bisa dibeli ditoko bangunan terdekat , harga per meter nya Rp 20.000 s/d Rp 30.000 , yang kita butuhkan hanya 30cm.
  2. Alumunium Foil , kalo saya beli sih di borma deket rumah. harga Rp 30.000 per gulung , bisa dipakai untuk membuat antena ini 10 buah.
  3. Lem (perekat) ,saya disini menggunakan lem paralon (sisa betulin pompa air dirumah)
Perlengkapan :

  1. Gergaji paralon ( kalo saya minta potong langsung 30cm di toko bangunannya.)
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Obeng ( disini saya pakai untuk memberi lubang pada pipa pvc dengan cara dipanaskan obengnya )

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Gergaji pipa pvc sepanjang 30cm 
  2. Berilah lubang pada Pipa pvc dengan jarak 4cm dari ujung pipa, besar lubang disesuaikan dengan ujung konektor USB.
  3. Potonglah alumunium foil sesuai dengan panjang pipa pvc (sehingga pipa pvc seluruhnya terlapisi alumunium foil)
  4. Tempelkan alumunium foil tersebut ke pipa pvc(seperti gambar diatas)
Cukup mudah kan ???

Cara pemakaiannya :

  1. Pasangkan USB Modem pada Pipa PVC yang kita buat tadi (seperti contoh gambar dibawah ini)


Cara setting :

Perhatikan gambar diatas, pada lingkarang kuning adalah BTS di daerah rumah saya.. nah.. arahkan antena tersebut sampai seperti gambar diatas. dah buktikan hasil signalnya..


Hasil Signal yang didapat :











 Gambar diatas adalah signal yang didapat sebelum menggunakan antena ini.











Gambar diatas Gambar diatas adalah signal yang didapat setelah menggunakan antena  ini.


Berdasarkan gambar diatas terbukti khasiat dari antena tersebut, dapat menaikan 49% signal.







  

12 komentar:

  1. mau nanya mas, klo di gambar kan disekitar rumahnya ada antena bts, klo di kosan sy ga ada yg keliatan towernya, jadi ga tau ngarahinnya ke mana.. ampuh juga ga tuh? makasih sblmnya..

    BalasHapus
  2. @Novaldo : gak terlihat juga gak apa-apa, di atur-atur aja arah nya, cari signal terkuat.. silahkan dicoba gan....

    BalasHapus
  3. ijin copast boascomp.blogspot.com

    BalasHapus
  4. @Free Tutorial: Silahkan.. jangan lupa cantumin sumbernya. :D

    BalasHapus
  5. wuistt...manstabbbb...di coba akhh... thanks gan tutor nya.... *****

    BalasHapus
  6. Masbro, kalo jarak tower dari rumah antara 10 sampe 12 kilo meter bisa gak? Kemudian, berapa tinggi itu modem (antena) kita letakkan?
    Kalo ujan, gmn dunk????
    Trima kasih.

    BalasHapus
  7. BTS tu apa sih?apa semua tower itu bsa dbilang bts?

    BalasHapus
  8. nice info gan, mw gw cba di modem aha w nih drmh... ijin copast ye @noesinamorta.blogspot.com

    BalasHapus
  9. mau tya niy om..
    tu bsa utuk semu MODEM GK??

    BalasHapus
  10. Kalo ujan gimana cara nya agar modem nya gk kena air mas??

    BalasHapus